Seputar Penyakit Dan Solusi Dengan Cara Pengobatan Herbal

 
 

Jamur Lingzhi Berkhasiat untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Jamur lingzhi adalah sejenis jamur yang hidup menempel pada batang-batang kayu pepohonan. Terdapat lebih dari 2000 spesies Jamur lingzhi, tetapi hanya 6 jenis yang sudah diteliti secara ilmiah, yaitu jenis Jamur lingzhi yang berwarna merah, hitam, biru, putih, kuning dan ungu. Dari ke-6 jenis Jamur lingzhi tsb, hanya jenis Jamur lingzhi  berwarna merah yang paling bermanfaat untuk kesehatan. Mengingat manfaatnya, jenis Jamur lingzhi ini sekarang sudah banyak dibudidayakan.
Jamur lingzhi adalah sejenis jamur di China yang dikenal sebagai ganoderma lucidum dan di Jepang disebut REISHI. Jamur lingzhi tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab dengan suhu sekitar 260C – 270C, oleh karena itu Jamur lingzhi tumbuh dengan subur di hutan-hutan di Malaysia. Dalam sejarah pengobatan China dan Jepang, Jamur lingzhi telah digunakan sejak ribuan tahun untuk pengobatan penyakit-penyakit kronis dengan hasil memuaskan.. Sebagai buktinya di dalam buku Pengobatan Tradisional China yang paling terkenal yaitu “Herbal Pharmacopoeia”, seorang ahli tumbuhan obat tradisional China yang hidup pada zaman dinasti Han bernama Shen Nong, sudah mengklasifikasikan Ling Zhi ke dalam golongan tumbuhan obat superior, dengan alasan:
  1. Tidak beracun dan dapat dikonsumsi harian.
  2. Bila dikonsumsi secara teratur dapat mengembalikan kesehatan tubuh dan memulihkan fungsi organ tubuh.
  3. Mengatur dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.
Kandungan jamur lingzhi
Jamur lingzhi mempunyai senyawa-senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain:
  1. Polisakarida yang terdiri dari 1,3-D- glucans dan Beta-1,6-D- glucans.
  2. Triterpenoid berupa Asam Ganoderic.
  3. Adenosin.
  4. Protein berupa Ling Zhi-8 protein.
  5. Mineral berupa Kalium (K), Calcium (Ca), Magnesium (Mg).
  6. Sedikit Germanium Organik.
  7. Senyawa-senyawa lain berupa: Ergosterol, Coumarin, Mannitol, dsb.
Manfaat polisakarida jamur lingzhi untuk pengobatan
Kandungan Polisakarida yang tinggi di dalam Jamur lingzhi bermanfaat untuk memacu pembentukan Interferon, Interleukin I dan Interleukin II di dalam tubuh manusia. Ketiganya berperan sebagai anti tumor dan kanker, penggempur penyakit karena infeksi virus, bakteri dan jamur, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena alasan ini maka Jamur lingzhi dapat diberikan menyertai pengobatan medis untuk terapi HIV dan berbagai macam kanker terutama kanker prostate. Pada penderita kanker, pemberian Jamur lingzhi berfungsi untuk: mengurangi keluhan-keluhan yang timbul selama chemotherapy dan radiotherapy, memperpanjang usia harapan hidup, dan mengurangi penyebaran kanker.
Manfaat triterpenoid jamur lingzhi
Triterpenoid yang disebut dengan Ganoderic Acid di dalam Jamur lingzhi bermanfaat untukmemperbaiki sistem sirkulasi darah dan jantung. Jamur lingzhi bila dikonsumsi secara teratur dapat mencegah terjadinya perlekatan platelet (Trombosit), mengurangi pembentukan cholesterol jahat (LDL) & Trigliserida, serta menurunkan tekanan darah. Ketiga hal ini yang sering menimbulkan resiko penyumbatan pembuluh darah, yang menyebabkan terjadinya stroke, serangan jantung, dan gangguan-gangguan pada pembuluh darah kecil penderita Diabetes.
Ganoderic Acid juga memiliki efek anti alergi, sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai bentuk alergi. Misalnya: asthma, bentuk-bentuk alergi kulit, dll.
Manfaat adenosine jamur lingzhi
Senyawa aktif Adenosin yang terkandung di dalam Jamur lingzhi berfungsi untuk merelaksasi otot-otot tubuh, dan menenangkan sistem saraf pusat. Sehingga Jamur lingzhi dapat digunakan untuk mengatasi stress, mengobati kesulitan tidur (insomnia), kelelahan akibat ketegangan saraf, dll.
Senyawa aktif lain dalam Jamur lingzhi adalah Ling Zhi-8 protein yang berperan sebagai senyawa aktif yang memiliki efek anti alergi dan penyeimbang sistem kekebalan tubuh (immunomodulator). Sedangkan kandungan mineral Kalium (K), Calcium (Ca) dan Magnesium (Mg) dalam Jamur lingzhi berfungsi untuk mempertahankan metabolisme tubuh yang optimal.
Manfaat Jamur lingzhi untuk kesehatan dan pengobatan
Penelitian modern telah berhasil menguak berbagai kandungan zat aktif jamur lingzhi, lebih kurang 200 zat aktif telah berhasil diidentifikasi yang secara garis besar dapat digolongkan sebagai Polisakarida, Germanium Organic, Triterpenoid, Adenosin dan sederetan asam amino selain berbagai macam mineral dengan manfaat utama sbb :
  1. Mendeteksi penyakit-penyakit dalam tubuh & membersihkan zat racun dalam tubuh (detoksifikasi).
  2. Menyeimbangkan dan memulihkan fungsi organ-organ tubuh, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Memperbaiki fungsi pankreas dalam produksi insulin dan menurunkan kadar gula darah bagi penderita kencing manis/Diabetes.
  4. Membantu penyembuhan penderita hepatitis/hati, pengerasan hati (sirosis).
  5. Mencegah dan membantu mengatasi kanker, tumor, kista, mioma dan mengendalikan pertumbuhan sel-sel tumor.
  6. Mengatasi kasus alergi dengan menetralisir racun yang masuk dalam tubuh.
Kebanyakan gangguan kesehatan/penyakit timbul akibat adanya ketidakseimbangan dalam fungsi organ-organ tubuh. Dengan mengkonsumsi jamur lingzhi secara teratur, fungsi organ-organ tubuh akan diseimbangkan dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat, sehingga tubuh akan dapat mengatasi penyakit dan gangguan kesehatan secara alami.

Comments :

0 komentar to “Jamur Lingzhi Berkhasiat untuk Pengobatan Berbagai Penyakit”

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Followers

Statistik Blog

 
Jamur Lingzhi Berkhasiat untuk Pengobatan Berbagai Penyakit - Kumpulan Obat Herbal
Blogger Template by Blogger Maraso Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template | Host In Blogger.com
Support: Agen Bola Indonesia | Agen Bola